X

Yuk, Mulai Gaya Hidup Sehat!

Articles 19 Okt 2017

Sehat adalah modal utama yang harus kamu miliki untuk melakukan berbagai aktivitas sehari-hari. Orang bilang sehat itu mahal. Itu benar sekali. Tapi untuk menjaga kesehatan tidak mahal ‘kok. Kamu hanya perlu  menjalani gaya hidup sehat. Banyak orang yang merasa kesulitan untuk menjalani hidup sehat. Tapi akan terasa mudah jika kamu sudah terbiasa.

Penyakit bisa datang kapan saja, dimana saja, dan kepada siapa saja. Juga kamu pasti punya kebiasaan buruk yang jika dilakukan terus-menerus bisa membahayakan kesehatanmu. Bersyukurlah jika selama ini kamu hanya  terkena penyakit ringan yang bisa dengan mudah disembuhkan. Tapi apakah kamu yakin kamu akan bisa tetap sehat?

Jangan khawatir. Kamu masih punya waktu untuk memulai gaya hidup sehat. Nah, apa saja sih yang harus kamu lakukan untuk menjalani gaya hidup sehat? Yuk kita bahas.

Ketahui kondisi kesehatanmu sekarang

Kebanyakan orang baru terpikir untuk memulai gaya hidup sehat saat dia sudah mengalami sakit. Apakah kamu juga seperti itu? Buang hal tersebut jauh-jauh. Sempatkan waktu untuk memeriksa kesehatan ke dokter. Dengan begitu, kamu bisa lebih dini mengantisipasi jika kamu ada kemungkinan bisa terkena penyakit.

Jaga pola makan

Orang yang memiliki banyak kesibukan biasanya orang yang lebih memilih makanan yang praktis untuk menghemat waktu tanpa memikirkan efek panjangnya. Makanan yang kamu buat sendiri dirumah akan lebih sehat dibandingkan makanan siap saji. Selain itu juga lebih murah tentunya.

Pilihlah makanan yang mencukupi kebutuhan nutrisi harian tubuhmu. Tidak selamanya makan makanan sehat itu ribet. Jika kamu tidak sempat memasak, kamu bisa membeli buah untuk dikonsumsi diluar rumah. Atau jika memang harus makan diluar, pilihlah makanan yang bisa kamu kategorikan sebagai makanan sehat ya, Oatlovers.

Buat jadwal berolahraga

Makan makanan sehat saja tidak cukup membuat kamu tetap bugar jika kamu hanya duduk depan komputermu saja. Buatlah jadwal untuk berolahraga. Tidak perlu repot mendatangi tempat gym, kamu bisa melakukannya dirumah. Banyak yang mengunggah video di Youtube olahraga ringan bagi mereka yang kesulitan mencari waktu senggang untuk berolahraga.

Lakukanlah gerakan fisik ringan dipagi hari sebelum kamu beraktivitas. Saat sedang dikantor, sesekali bangun dari duduk dan berjalanlah beberapa waktu. Jika akhir pekan datang, kamu bisa jogging mengelilingi komplek perumahanmu. Dan luangkanlah waktu sebulan sekali untuk berenang sambil refreshing bersama keluarga atau temanmu.

Cukupi kebutuhan air tubuh

Air adalah salah satu komponen terpenting dari tubuh. Jika kamu kekurangan air, kamu bisa mengalami dehidrasi. Dehidrasi adalah gangguan dalam keseimbangan cairan atau air pada tubuh. Hal ini terjadi karena pengeluaran air lebih banyak daripada pemasukan air (misalnya minum). Gangguan kehilangan cairan tubuh ini disertai dengan gangguan keseimbangan zat elektrolit tubuh. Oleh sebab itu, pastikan kebutuhan air untuk tubuhmu terpenuhi ya.

Istirahat cukup

Padatnya kegiatanmu kadang membuat kamu menyepelekan istirahat dan memforsir tubuhmu untuk tetap bekerja. Sayangilah tubuhmu, beri tubuhmu istirahat yang cukup. Setelah selesai melakukan pekerjaanmu dan kamu bisa segera tidur, segeralah tidur. Agar esok hari kamu segar dan siap untuk menjalani kegiatanmu selanjutnya. Biasakan tidur cukup dalam waktu 6-8 jam ya, Oatlovers.

Menjaga kebersihan diri dan perhatikan lingkunganmu

Saat kamu sudah menjaga pola makan, mulai berolahraga, cukup beristirahat, penyakit bisa tetap menyerangmu. Kebersihan adalah salah satu kunci hidup sehat. Rajinlah membersihkan diri seperti mandi setelah berolahraga, cuci tangan sebelum makan, dan menggosok gigi sebelum tidur. Itu saja belum cukup Oatlovers, bersihkanlah lingkunganmu. Lingkungan yang kumuh sudah pasti jadi tempat bersarangnya kuman dan bakteri. Jika tempat tinggalmu bersih, kamu juga akan merasa lebih nyaman bukan?

Gaya hidup sehat bukan hanya membuat kamu jadi lebih sehat, tapi kedisiplinan diri pun akan terbentuk, lho. Kalau kamu sudah terbiasa dengan gaya hidup sehat, kamu akan meluangkan waktu untuk memasak demi bisa makan makanan sehat, melakukan kegiatan sesuai jadwalnya agar bisa berolahraga dan beristirahat cukup, berat badan akan terkontrol, bahkan tanpa disadari kamu bisa mengelola stress dengan lebih baik.

Tidak sulit bukan untuk menjalani gaya hidup sehat? Ayo mulai hidup sehat dari sekarang, Oatlovers! 😀

Share this

Related Article

Efek Mengonsumsi Makanan Secara Berlebihan

Articles 8 Feb 2018

Makanan adalah pondasi untuk tubuh, tapi bisa saja makanan yang kita konsumsi menjadi racun

Read More

Menjaga Nafas Tetap Segar di bulan Ramadhan

Articles 20 Okt 2017

Gimana puasanya Oatlovers? Udah mau masuk ke minggu terakhir Ramadhan nih! Apa aja kendalanya

Read More

Tomat Bagus Untuk Antioksidan

Articles 19 Okt 2017

Hai Oatlovers! Sudah tau belum sih kalo tomat punya kandungan antioksidan yang tinggi.  Selain

Read More

Jenis-jenis Rasa Lapar

Articles 20 Okt 2017

Weekend udah semakin dekat nih. Ada kegiatan apa di weekend kamu Oatlovers? Atau ingin

Read More