fbpx
X

Manfaat Minum Yoghurt Setiap Hari

Articles 28 Nov 2019

Apakah Oatlovers menyukai yoghurt? Jika ya, lanjutkan kebiasaan makan makanan tersebut. Selain teksturnya yang kental, lembut, dan memiliki rasa asam yang lezat, yoghurt juga memberikan manfaat gizi yang sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Yoghurt adalah produk olahan yang terbuat dari fermentasi susu. Selama ini, yoghurt dikenal sebagai sumber makanan yang tinggi probiotik dan bakteri baik yang membantu melancarkan pencernaan. Probiotik adalah bakteri baik yang dapat membantu masalah pencernaan seperti konstipasi, diare, kembung dan mengurangi gas penyebab kentut. Konsumsi bakteri baik tersebut juga menjadikan tubuh Oatlovers bisa menyerap mineral dan kandungan lainnya dengan lebih maksimal.

Yoghurt mengandung protein hewani, yaitu 1 ons yoghurt mengandung sekitar 1,5 gram protein. Selain itu, terdapat juga berbagai vitamin dan mineral yang terdapat dalam susu, seperti kalsium, vitamin B2, B12, fosforus, potasium, dan magnesium. Ada juga beberapa yoghurt yang ditambahkan dengan vitamin D.

Rasanya yang sedikit asam menjadikan yoghurt cukup digemari banyak orang. Pilihan rasanya juga kini sudah beragam, ada rasa jeruk, bluberi, stroberi, dan sebagainya. Yoghurt saat ini sudah sangat populer di kalangan masyarakat, baik pada anak-anak maupun orang dewasa.

Namun, tahukah Oatlovers bahwa masih ada banyak manfaat yoghurt lainnya bagi kesehatan seperti berikut ini.

Menjaga Tulang & Mencegah Osteoporosis

Secara umum, yoghurt kaya akan kandungan kalsium yang dibutuhkan untuk kesehatan tulang dan gigi.

Nah, konsumsi yoghurt dapat membantu Oatlovers mencegah terjadinya osteoporosis. Pasalnya, yoghurt mengandung kombinasi kalsium dan vitamin D yang bermanfaat untuk memperkuat tulang. Sementara itu, vitamin D dapat membantu tubuh Oatlovers untuk menyerap kalsium dengan lebih baik. Nutrisi tersebut adalah mikronutrien yang berperan penting dalam pertumbuhan tulang.

Riset dari Marmara University menemukan bahwa makan yoghurt tidak akan mengikis lapisan email gigi. Selain itu, asam laktat pada yoghurt juga berfungsi untuk melindungi gusi Anda dari infeksi.

Penelitian juga menunjukkan bahwa lansia yang rutin mengonsumsi yoghurt memiliki kepadatan dan kekuatan tulang yang lebih baik daripada mereka yang tidak.

Membantu Sistem Pencernaan

Karena mengandung probiotik yang baik bagi pencernaan, maka yoghurt dipercaya dapat membantu mengatasi gangguan pencernaan. Bakteri baik sebenarnya sudah terdapat dalam sistem pencernaan manusia. Mengonsumsi yoghurt akan membuat perubahan positif pada bakteri baik dalam usus. Alhasil, masalah seperti konstipasi, diare, radang usus, dan intoleransi terhadap laktosa bisa diatasi.

Orang yang mengalami intoleransi laktosa karena beberapa alergi, dapat dengan aman menikmati dan mendapatkan manfaat dari yoghurt. Sebab, yoghurt lebih mudah dicerna dibandingkan susu. Kultur aktif yang hidup di dalam yoghurt menciptakan laktase, yang akan membantu meningkatkan penyerapan laktosa pada orang yang intoleran.

Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Yoghurt diklaim mampu memelihara kesehatan dengan cara memperkuat sistem kekebalan tubuh. Efek ini didapat dari kandungan magnesium, selenium dan zinc di dalam yoghurt yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Deretan mineral dan gizi penting di dalam yoghurt membantu meningkatkan produksi sel T, salah satu sel darah putih di dalam tubuh yang bertanggung jawab untuk melawan penyakit. Cukup makan setidaknya 400 gram yoghurt setiap hari untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda dan membantu melawan infeksi dan bakteri.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat yoghurt, khususnya dalam menjaga berat  badan, adalah mampu membuat perut terasa kenyang untuk waktu yang lebih lama. Mengonsumsi yoghurt dapat menunda lapar lebih lama dibandingkan camilan lain. Karena itu, yoghurt bisa menjadi salah satu pilihan makanan yang baik untuk Oatlovers yang sedang diet.

Yoghurt sering didaulat sebagai camilan sehat yang tidak akan bikin gemuk. Ini karena kombinasi kandungan probiotik, protein, dan kalsiumnya yang memicu produksi hormon antilapar, seperti GLP-1 dan peptide YY. Itu alasannya Oatlovers bisa lebih cepat kenyang setelah makan yoghurt, sehingga tidak akan tergoda untuk makan lagi sampai waktu makan berikutnya. Pilihlah greek yoghurt yang terbukti lebih padat kadar proteinnya.

Menurunkan Tekanan Darah

Penelitian menunjukkan bahwa yoghurt bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi, terlebih bagi wanita. Manfaat yoghurt ini datang  dari kandungan kalium yang dapat membilas kelebihan natrium dari dalam tubuh. Natrium adalah mineral yang berperan meningkatkan tekanan darah, yang banyak ditemukan dalam makanan yang mengandung garam tinggi.

Berdasarkan data dari American Heart Association, wanita yang mengonsumsi yoghurt lebih dari lima kali dalam seminggu, terlebih jika dibarengi dengan diet akan mengurangi potensi risiko darah tinggi hingga 20 persen. Yoghurt dengan kandungan gula lebih rendah akan memberikan hasil yang lebih baik.

 

Sumber :

https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/manfaat-yoghurt-untuk-kesehatan/https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/manfaat-yoghurt-untuk-kesehatan/

https://health.detik.com/hidup-sehat-detikhealth/d-2263898/ini-dia-10-manfaat-sehat-yoghurt

https://www.alodokter.com/beberapa-manfaat-yogurt-yang-bisa-didapat

Share this

Related Article

Hebatnya Wortel Untuk Kesehatan Tubuh

Articles 18 Okt 2017

Tahukah Anda bahwa wortel memiliki banyak manfaat? Entah itu untuk kesehatan atau kecantikan, wortel

Read More

Menghilangkan Jerawat di Wajah Secara Efektif

Articles 8 Mar 2018

Jerawat memang mengganggu penampilan apalagi di wajah, maka dari itu harus segera dihilangkan. Jerawat

Read More

Kulit Lebih Bercahaya Dengan Masker Oatmeal

Articles 24 Agu 2017

Memiliki kulit yang segar dan bercahaya bukan lagi mimpi ketika Oatlovers rajin merawatnya. Perawatan

Read More

5 Manfaat dari Biji Selasih

Articles 11 Apr 2019

Halo Oatlovers! Taukah bahwa biji selasih dikenal sebagai bahan pelengkap dalam sajian minuman ternyata

Read More